Artikel Post

Admin
May 24, 2022

Prosedur Cara Impor Barang dari China

China adalah pusat manufaktur yang penting, jika bukan yang paling penting di dunia. Negara terbesar di dunia dalam jumlah penduduk ini juga memainkan peran yang menentukan bagi Indonesia dalam hal impor barang. Tak terhitung produk China yang diimpor ke Indonesia untuk dijual di dalam negeri. Cara impor barang dari China ada prosedurnya sendiri.

Munculnya internet dan perkembangan teknologi lebih lanjut telah memudahkan pengusaha Indonesia untuk melakukan bisnis dengan supplier/produsen China. China adalah negara yaang populer dengan aktivitas manufaktur outsourcing. Tetapi sebelum Anda mengimpor barang dari China, penting untuk mengetahui beberapa aspek penting. Budaya bisnis Cina memiliki standar dan nilai bisnis yang berbeda dari yang biasa kita lakukan di negara kita. Misalnya, perusahaan Cina memiliki hierarki yang kuat dan mereka menganggap kepercayaan dalam melakukan bisnis sangat penting.

Dalam budaya bisnis Cina, perjanjian kurang penting daripada kepercayaan. Orang Cina menghargai hubungan bisnis, persahabatan, dan rasa hormat. Misalnya, mereka sangat menghargai mitra bisnis yang misalnya berusaha untuk juga berkomunikasi dalam bahasa Cina. Ingatlah bahwa sebagian besar perusahaan China mengalami kesulitan berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris.

Tips Mengimpor Barang dari China

Sebagian besar perdagangan dengan China adalah antar perusahaan. Banyak perusahaan dari negara kita mengimpor bahan mentah untuk digunakan dalam proses produksi, atau membeli produk untuk dijual di pasar Indonesia. China juga telah menjadi pusatnya Penelitian & Pengembangan (R&D) yang paling penting bagi industri manufaktur dunia. Bagian lain dari perdagangan dengan China didorong oleh konsumen, yang dapat membeli produk mereka secara langsung melalui pasar dan platform online lainnya (seperti Ali Express atau Alibaba).

Parcel post biasanya dipilih konsumen Indonesia yang ingin mengimpor barang dalam kuantitas kecil. Biayanya terjangkau. Kekurangannya adalah bisa memakan waktu yang sangat lama sebelum sebuah paket dikirimkan. Dan, jika menyangkut volume yang lebih besar, biaya parcel post juga bisa sangat tinggi. Karena itu cara impor barang dari China yang paling menguntungkan adalah memanfaatkan jasa forwarder. Layanan ini akan mengurus mekanisme pembelian barang dari China mulai dari mencari produk, mengurus dokumen pabean, mengirimkan barang ke Indonesia dan mengantarkannya ke alamat pemesan.

Alternatif lainnya adalah pengiriman melalui angkutan laut. Ini dapat digunakan untuk produk dalam jumlah kecil dan besar. Kelebihannya terutama terletak pada efisiensi biaya, karena Anda dapat mengirim palet, peti kemas, dan barang curah. Pengguna memiliki opsi untuk menyewa sebagian kontainer, dalam hal ini Anda berbagi kapasitas dengan barang pengiriman orang lain.

Berapa lama waktu pengangkutan dengan angkutan laut dapat berbeda per kapal. Misalnya, bisa saja ada ruang untuk pengiriman di kapal yang akan berangkat, sehingga bisa cepat diantar. Harga pengiriman dapat bervariasi dan terutama tergantung pada penawaran dan permintaan. Selain itu, harga tergantung jenis container yang Anda pilih, karena ukuran sea container itu berbeda-beda. Begitu mereka tiba di pelabuhan di Indonesia, barang-barang itu harus diurus bea cukai dimana bea masuk tetap harus dibayar. Ada juga segala macam administrasi yang perlu diurus di bea cukai.

Tergantung pada Incoterm mana yang Anda pilih, asuransi angkutan barang juga harus dipertimbangkan. Tentukan juga jenis transportasinya. Metode yang paling umum digunakan adalah angkutan laut dan angkutan udara. Temukan supplier China yang cocok sesuai produk yang akan Anda beli. Menemukan supplier China yang cocok dapat dilakukan dengan berbagai cara misalnya melalui Alibaba, Banggood, Globalsources.com dan Made-in-china.com.

Menggunakan Jasa Forwarder

Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dari cara impor barang dari China. Ini bukan hanya tentang metode impor terbaik, tetapi Anda juga harus menyediakan dokumen yang diperlukan, antara lain, bea cukai. Anda juga dapat memilih untuk menggunakan forwarder bila memang belum menguasai sama sekal cara impor barang dari China. Ini tidak hanya menangani kontainer laut, tetapi juga menangani semua tindakan yang diminta dalam mengimpor barang Anda.

Memang ada banyak layanan forwarder produk China yang menawarkan jasanya. Bagi pemula yang kesulitan memilih salah satunya, Fourcargo.id adalah salah satu rekomendasinya. Layanan forwarder China Fourcargo didukung tim profesional di sektor pengiriman barang mulai dari packing, penyaluran barang, maupun berbagai dokumen perijinan yang diminta pihak custom. Berkat pengalaman yang diberikan tim Fourcargo maka konsumen pun akan mendapatkan garansi keamanan atas paket yang dikirim. Di samping itu, waktu pengiriman juga cukup cepat dan pastinya on time.

Konsultasi Gratis Sekarang

oke