Artikel Post

Admin
May 24, 2022

Prospeknya Bagus, Ini Arti Jastip

Di zaman serba digital seperti saat ini, ada banyak macam jenis usaha yang dapat menghasilkan keuntungan lumayan. Salah satunya yang lagi booming adalah jastip. Jasa titip atau jastip artinya aktifitas bisnis dengan menyediakan layanan pembelian barang dari luar negeri dan mendapatkan keuntungan dari sana.

Jastip kebanyakan menawarkan pembelian barang dari China. Seperti diketahui di China ada beberapa marketplace besar seperti Alibaba, Taobao, Aliexpress, 1688 dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan jastip maka konsumen tak perlu direpotkan dengan berbagai prosedur pemesanan dan pembayaran yang kadang rumit. Jastip China akan memanfaatkan forwarder dalam pengiriman barangnya ke Indonesia.

Dalam pengertian yang paling sederhana, forwarder adalah komponen logistik yang berhubungan dengan perencanaan dan pelaksanaan pengiriman barang tanpa batas melintasi perbatasan internasional. Secara khusus, pengirim barang perlu melakukan beberapa fungsi dan tugas untuk memastikan bahwa barang dapat dipindahkan dengan mudah atas nama klien mereka. Mereka juga menangani tugas-tugas seperti bongkar muat, dokumen bea cukai, dan banyak lagi.

Cara terbaik untuk mendapatkan jasa jastip biasanya melalui internet. Anda dapat dengan mudah mencarinya di Google untuk menemukan yang terbaik. Namun sebelum menentukan salah satu pilihannya, Anda perlu mengingat beberapa kualifikasi berikut :

  • Reputasi: Pastikan forwarder atau jastip yang dipilih memiliki reputasi baik. Mereka juga harus memiliki lisensi dan kualifikasi, jadi pastikan untuk menanyakannya.

  • Pengalaman: Pengalaman memainkan peran penting dalam menemukan jastip yang tepat. Anda ingin memastikan bahwa mitra bisnis yang Anda pilih itu telah memiliki pengalaman yang cukup dan dapat menangani keadaan yang tidak terduga.

  • Jaringan: perusahaan jastip itu pun harus memiliki jaringan yang luas. Forwarder mengatur seluruh proses logistik transportasi, tanpa melakukan transportasi itu sendiri. Ini termasuk melibatkan perusahaan transportasi yang tepat, mengatur izin, masalah administrasi, negosiasi harga (dengan operator), formalitas pabean, transhipment dan semua hal lain yang terlibat dalam transportasi. Sebuah perusahaan forwarding mengatur transportasi. Oleh karena itu perusahaan tidak melakukan pengangkutan sendiri, tetapi melibatkan perusahaan lain agar pengangkutan dilakukan dengan baik. Kekuatan forwarder adalah pengetahuan dan jaringan yang dimilikinya. Mereka bekerja dengan jaringan agen di seluruh dunia yang dapat mereka hubungi untuk mengatur bagian dari rantai transportasi.

  • Harga: Tak perlu dikatakan lagi. Anda tidak boleh memilih jastip dengan struktur penetapan harga yang tidak transparan dan mahal. Untuk itu, Anda mungkin harus membandingkan harga sebelum memilih salah satu.

  • Pengetahuan di bidangnya : Anda harus memilih jasa jastip yang memahami bidangnya seperti peraturan dan prosedur bea cukai untuk pengiriman dan cara menangani kargo lintas negara.

Memilih jastip yang pas bisa menjadi proses yang panjang. Tujuannya adalah untuk menemukan yang paling sesuai dengan transportasi spesifik yang diinginkan. Itu tergantung pada jenis produk yang akan dibeli (pengangkutan reguler, barang berbahaya, curah), lokasi (asal dan tujuan), dimensi, berat, modalitas (angkutan udara atau laut). Pemula mungkin akan kebingungan memilih mana layanan jastip yang cocok untuk mereka.

Secara umum, semuanya bisa berjalan dengan baik, asalkan Anda memilih layanan jastip yang andal. Namun, terkadang ada hal-hal yang bisa salah. Seringkali itu ada hubungannya dengan penyediaan informasi yang tidak akurat. Misalnya, dimensi barang yang bisa sedikit lebih besar, atau bobotnya yang berbeda.

Fourcargo.id menjadi salah satu rekomendasi layanan jastip untuk pembelian barang dari China. Sejatinya Fourcargo adalah layanan forwarder untuk pengiriman barang dari China namun juga menawarkan jastip. Minimal pembelian barang dari China jika memilih pengiriman via laut yaitu 0.1 CBM sementara melalui kapal udara adalah 1 kg.

Ukuran 0,1 CBM rata rata muat 100 potong pakaian, atau 20 pasang sepatu. Sehingga bila memilih metode pengiriman laut misalnya dengan harga Rp.8 juta per CBM maka bila mengirim hanya 0,1 CBM itu berarti biaya pengiriman cuma Rp.800 ribu saja. Artinya 1 potong pakaian akan kena biaya ongkir kira-kira Rp.8 ribu. Sementara bila mengirimkan sepatu maka untuk 1 pasang sepatu biaya ongkirnya kira-kira Rp.40 ribu. Dimensi barang menentukan berapa biaya kirimnya bila menggunakan angkutan laut. Makin kecil ukuran barang maka biaya ongkir per potong akan makin murah.

Konsultasi Gratis Sekarang

oke